Menghemat Penggunaan Minyak Goreng
Info Menarik TipsTorial

Tips Menghemat Penggunaan Minyak Goreng Saat Langka

Di Indonesia memasak itu akan terasa kurang apabila tidak menggunakan minyak goreng. Sebab makanan utama masyarakat Indonesia maupun camilan banyak yang diolah dengan cara digoreng.

Untuk itu tidak mengherankan ketika minyak goreng sempat mahal maka masyarakat juga kelabakan. Namun Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghemat penggunaan minyak goreng. Apa saja tips tersebut yuk simak penjelasan di bawah ini.

Memilih Jenis Minyak Goreng

Memperhatikan jenis minyak goreng adalah langkah yang harus dilakukan apabila kita ingin menghemat penggunaan minyak goreng. Minyak goreng sendiri terdiri dari banyak jenis mulai dari minyak biji bunga matahari, kelapa sawit, kelapa, minyak kacang dan juga berbagai jenis minyak lainnya.

Apabila memang dirasa kita membutuhkan minyak goreng kelapa sawit maka sebaiknya kita tidak membeli minyak goreng kelapa. Hal ini akan membuat kita boros pembelian minyak goreng.

Pilih Botol Minyak Goreng yang Tepat

Penggunaan botol minyak goreng yang tidak tepat bisa membuat minyak goreng rawan untuk tumpah. Untuk itu memilih botol minyak goreng yang memiliki kemasan rapi dan tutup Yang rapat adalah hal yang penting.

Untuk solusi ini kamu bisa memilih ragam botol minyak goreng di Grinnliving. Grinn living adalah salah satu platform bisnis yang menyediakan pilihan pernak-pernik dapur.

Perhatikan Suhu Minyak Goreng

Memperhatikan suhu minyak goreng ketika memasak adalah adalah hal yang penting. Suhu yang tidak seharusnya bisa mempengaruhi kadar minyak yang terserap di makanan yang sedang kita goreng.

Suhu yang sesuai atau normal untuk memasak adalah antara 160 sampai 190 derajat Celcius. Dan untuk memperoleh suhu tersebut kita bisa menggunakan api sedang.

Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah saat suhu yang dipakai untuk memanaskan minyak goreng tidak tepat makanan yang kita goreng akan cenderung lebih lunak dan basah. Selain tidak bisa berhemat tentu ini akan mempengaruhi kualitas tekstur makanan yang kita konsumsi.

Tidak Berlebihan

Tidak berlebihan adalah konsep yang harus kita terapkan dalam memasak. Terutama apabila kita tidak memerlukan minyak dalam jumlah besar. Terlebih lagi ada beberapa jenis makanan yang apabila kita goreng akan menyebabkan minyak menjadi berubah warna sehingga tidak baik untuk digunakan kedua kalinya.

Selain tips menghemat penggunaan minyak goreng, berikut ini juga beberapa tips sehat mengkonsumsi minyak goreng.

Gunakan Minyak Baru

Banyak orang yang menggunakan minyak untuk beberapa kali pemakaian. Meski hal ini tidak menjadi masalah selama minyak yang sebelumnya tidak berubah warna dan masih jernih. Namun apabila minyak yang sudah dipakai telah berubah warna atau menjadi lebih pekat sebaiknya tidak digunakan untuk penggorengan selanjutnya.

Simpan dalam Wadah

Tips ini selain untuk menghemat sebagaimana penjelasan di atas, namun juga bisa menjadi tips sehat. Terkadang kita membeli minyak isi ulang tidak memasukkannya ke dalam wadah dan membiarkannya terbuka di atas meja. Padahal hal ini bisa menjadikan kotoran masuk.

Salah satu produk dari Grinnliving yang cocok untuk menyimpan minyak goreng adalah koleksi dari Oris Oil Bottle. Botol ini bisa menampung minyak hingga 600 ml. Maka dengan begitu minyak goreng akan lebih aman dan bersih.

List Blog Keren Rajabacklink

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.