Bahasa Arab Adalah Bagian Dari Agama Kita, Seorang Muslim

Bahasa Arab adalah bagian dari Agama Islam

Grosir kitab arab Kaum muslimin rahimakumullah. Dengan merebaknya semangat hijrah dan kajian islam, maka belajar Bahasa Arab menjadi kebutuhan untuk Anda sebagai muslim agar hidup dalam beragama lebih mudah. Karena Al-qur’an dan As-Sunnah tertulis dalam bahasa Arab sehingga bahasa Arab adalah bagian pentig dari agama kita. Melalui belajar bahasa Arab, kita menempuh langkah-langkah dalam rangka menempuh atau meraih bagian dari agama kita. Karena bahasa Arab adalah bagian dari agama kita.

Dengan memahami bahasa arab kita dapat memahami bagian dari agama kita. Sehingga baca Quran dan shalat lebih lebih khusyu’ dan lebih fokus, ibadah makin nikmat dan tentu bisa menjadi bekal untuk persiapan kuliah ke timur tengah.  Anda juga dapat belajar bahasa Arab online maupun belajar bahasa arab offline.

Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu- menyatakan yang artinya “Ilmu adalah pemimpin amal dan amalan itu berada di belakang setelah adanya ilmu.” (Al-Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, hal. 15.)  Sedangkan salah satu Ulama hadits termashur, yakni Al Bukhari menyatakan, Al ‘Ilmu Qoblal Qouli Wal ‘Amali (Ilmu Sebelum Berkata dan Berbuat)“. Pernyataa ini merupakan hasil kesimpulan yang beliau angkat berdasarkan firman Allah ta’ala,

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ

Maka ilmuilah (ketahuilah)! Bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu” (QS. Muhammad [47]: 19).

Ayat diatas, pernyataan Allah yang mulai dengan “ilmuilah (pahamilah ilmunya)” dan kemudian berkata “mohonlah ampun”. Jadi, makna ilmuilah adalah perintah untuk menempuh ilmu terlebih dahulu, sedangkan “maaf” adalah amalan. Ini adalah tanda bahwa pengetahuan harus didahulukan sebelum tindakan.

Bagi sebagian orang, mempelajari bahasa Arab dengan segala penyesuaian tata bahasa, ejaan, konjugasi, dan aturan lainnya tampaknya mengalami kesulitan. Pada saat yang sama, orang lain melihat belajar bahasa Arab sebagai peluang besar untuk mempelajari sesuatu yang baru dan memperluas wawasan mereka tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kita dapat belajar bahasa arab Online ataupun offline sesuai kehendak kita dengan tujuan mempelajari bahasa Arab.

Di zaman teknologi yang semakin mudah ini, kita dapat mempelajari apapun hanya melalui komputer maupun smartphone yang terkoneksi dengan internet. Dan juga bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa sehari-hari. Bukan untuk percakapan, tetapi untuk menjalani suatu ibadah yang wajib maupun yang sunnah. Yaitu ketika kita membaca Al-Qur’an dan ketika kita Shalat. Dan selain itu kitab kuningpun tertulis dalam bahasa Arab bahkan kitab-kitab ulama’ terdahulu tertulis dalam kalimat-kalimat berbahasa Arab.

Penjelasan tentang pentingnya bahasa Arab sudah sangat jelas karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’anul Karim. Alasan ini saja merupakan alasan penting mengapa kita harus belajar bahasa Arab. Entah belajar bahasa Arab online maupun offline. Keistimewaan bahasa Arab disebutkan di lebih dari sepuluh tempat dalam Al-Quran sebagaimana telah dijelaskan oleh ustadz Muhammad Abduh Tausikal, Msc di Rumaysho.com.

Jadi Setelah kita mengetahui hal di atas, hendaklah setiap orang lebih memusatkan perhatiannya untuk memahami ilmu bahasa Arab agar dapat memenuhi kebutuhan kita dalam mempelajari ilmu agama Islam. Dengan belajar bahasa Arab offline maupun belajar bahasa Arab Online hingga pada akhirnya dapat memahaminya dengan baik. Semoga kita dapat kemudahan dalam belajar bahasa Arab.

Grosir kitab online – www.alfikar.com

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *