Kesehatan Teknologi

Kenali Jenis Gangguan Pendengaran Beserta Solusinya

Kalian punya masalah pendengaran? Tentunya hal itu sangat mengganggu aktivitas keseharian. Gangguan pendengaran ini bisa saja diakibatkan oleh beberapa hal seperti kebisingan, usia ataupun penyakit. Kalian yang punya masalah dengan pendengaran tentunya akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Bagi orang tua atau lansia yang tidak bisa mendengar dengan baik, bisa jadi akan memicu gangguan psikologis, gangguan interaksi sosial hingga gangguan fungsi otak. Karena para lansia atau orang tua akan merasa lelah saat tidak bisa mendengar dengan baik dan tidak bisa memahami pembicaraan yang disampaikan orang lain.

Perlu dipahami bersama, bahwa gangguan pendengaran ini mempunyai beberapa jenis. Gangguan pendengaan ini bisa jadi karena kerusakan pada saraf-saraf pendengaran dan rusaknya bagian dalam telinga. Atau bisa jadi karena telinga tidak bekerja secara optimal dan tidak bisa mencapai gelombang suara.

Jenis Gangguan Pendengaran Pada Telinga

Presbikusis

Presbikusis merupakan istilah medis untuk menunjukan gangguan pendengaran yang terjadi karena usia. Keadaan ini umumnya dipengaruhi oleh faktor  keturunan. Presbikusis juga bisa disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada saraf-saraf pendengaran dalam telinga. Akhirnya hal ini dapat membuat penderita tidak mentoleransi suara yang keras.

Jenis gangguan telinga satu ini terjadi langsung ke pada dua telinga kalian. Uniknya, seseorang yang terkena presbikusis kadang tidak menyadari kalau mereka terkena gangguan pendengaran tersebut.

Sudden Hearing Loss

Sudden Hearing Loss biasa disebut tuli mendadak. Keadaan ini terjadi ketika orang yang terkena penyakit ini tidak bisa mendengarkan secara tiba-tiba. Sudden Hearing Loss biasanya terjadi pada salah satu telinga.

Nah, jika kalian terkena Sudden Hearing Loss lebih baik langsung berobat ke dokter. Lain halnya apabila kalian terkena presbikusis, hal mana kalian perlu menggunakan alat bantu dengar.

Alat Bantu Dengar Sebagai Solusi

Gangguan pendengaran yang terus dibiarkan dan tidak segera ditangani akan menjadikan keadaan telinga memburuk. Alat indera pendengaran akan berkurang fungsinya dan tidak bisa digunakan dengan baik.

Jika ingin mengurangi dampak dari tidak bisa mendengar, kalian bisa menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar merupakan salah satu solusi bagi penderita yang memiliki gangguan pendengaran, terutama penderita presbikusis.

Alat bantu dengar memang tidak bisa membuat telinga sembuh dari gangguan pendengaran, tapi alat bantu dengar dapat membantu untuk mendengarkan suara dan mengurangi suara latar belakang  yang terlalu keras.

Alat bantu dengar biasanya mempunyai tiga komponen, mulai dari speaker, amplifier dan mikrofon. Suara yang masuk lewat microfon dan akan diubah menjadi sinyal elektrik yang diantarkan ke amplifier. Kemudian amplifier akan menambahkan kekuatan sinyal dan mengantarkannya ke speaker.

Salah satu alat bantu dengar terbaik bisa kalian dapatkan di Better Hearing Indonesia. Dengan menggunakan alat bantu dengar premium berkualitas yang ada di Better Hearing Indonesia, gangguan pendengaran kalian tentunya bisa diatasi. So, akhirnya segala suara bisa terdengar dengan baik untuk kelancaran interaksi sehari-hari.

List Blog Keren Rajabacklink

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.