Kenali Gejala Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai

gejala gula darah tinggi

Gula darah tinggi (hiperglikemia) merupakan kondisi naiknya glukosa atau kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi tentu bisa membahayakan kesehatan, terutama pada penderita diabetes. Kondisi ini bahkan juga bisa dialami orang yang bukan penderita diabetes sekalipun.

Kadar gula tinggi bisa terjadi pada orang yang mempunyai masalah kesehatan tertentu, seperti gangguan hormon, gangguan metabolisme, serangan jantung, infeksi parah, stres berat, kerusakan pankreas atau stroke.

Dewasa ini, masih banyak orang yang tidak sadar bahwa memiliki gejala gula darah tinggi bisa membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa gejala hiperglikemia yang patut kita waspadai. Simak baik-baik, ya!

Sering Merasa Haus

Haus merupakan sensasi wajar, di mana pertanda tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan asupan cairan. Namun, cepat merasa haus bisa menjadi gejala gula darah tinggi. Normalnya, kelebihan gula dalam darah akan ikut terbuang bersama urine saat buang air kecil.

Namun, glukosa yang berlebihan membuat urine jadi mengental, sehingga otak akan mengirimkan sinyal ‘rasa haus’ agar kita cepat minum dan mengencerkan urine yang mengental. Kadar gula dalam darah yang terlalu banyak, membuat keinginan untuk minum akan semakin sering.

Mudah Lelah

Selanjutnya, gejala gula darah tinggi yang perlu diwaspadai adalah mudah lelah. Hal ini terjadi akibat tubuh kita merasa kekurangan sumber energi, padahal sebenarnya tidak. Gula merupakan sumber utama energi dalam tubuh.

Jika gula darah tinggi, seharusnya energi yang tubuh kita miliki semakin banyak. Namun kenyataannya, tubuh tidak mampu mengelola gula darah yang sudah berlebih karena fungsi hormon insulin yang membantu menyerap gula dalam darah terganggu. Akibatnya, gula semakin menumpuk banyak dalam darah dan tidak bisa terapakai sebagai energi.

Sering Lapar, Tetapi Berat Badan Turun

Gejala gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan kita jadi cepat merasa lapar meski baru saja menyantap makanan dalam jumlah banyak. Kelebihan gula dalam darah tidak bisa diolah tubuh menjadi energi, sehingga sel-sel dalam tubuh tidak memperoleh energi.

Sel yang kekurangan asupan energi akan mengirimkan sinyal ‘lapar’ ke otak, agar nafsu makan kita kembali meningkat dan mengonsumsi makanan lagi. Alih-alih membuat kenyang dan menambah berat badan, gejala gula darah tinggi ini justru menyebabkan berat badan jadi turun.

Itulah gejala-gejala gula darah tinggi yang perlu kita waspadai. Penderita diabetes biasanya juga sering buang air kecil. Agar tidak sering bolak-balik kamar mandi, pakai rekomendasi pampers untuk dewasa yakni Confidence.

Confidence memiliki daya serap yang tinggi, sehingga permukaan selalu terasa kering dan lembut. Perekatnya juga mudah dipasang-lepas berulang kali. Semoga bermanfaat, ya!

Recommended For You

Tinggalkan Balasan