Wajib Tahu! Inilah Kriteria Sekolah yang Bagus

Menurut Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd., Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO bahwa sekolah yang bagus adalah sekolah yang mampu memberikan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu, berikut adalah beberapa kriteria sekolah yang baik menurut beliau. Simak dengan seksama ya!

Kepemimpinan sekolah yang professional

Gaya kepemimpinan yang bagus adalah yang bersifat pastisipatif, tegas, dan memiliki tujuan. Selain iitu, kepala sekolahnya harus memiliki keterampilan dan kemauan untuk memajukan sekolahnya. Kepala sekolah harus bisa ramah dan baik kepada anak didiknya dan para stafnya.

Kegiatan yang saling mendukung

Kegiatan sekolah diimbangi dengan kegiatan positif lain seperti ekstrakurikuler. Sekolah harus mampu mengoptimalisasi waktu pembelajaran, keahlian akademik dan pencapian prestasi anak.

Program positif

Sekolah yang baik akan memiliki banyak program yang positif. Program ini harus disiplin, adil, transparan, dan jelas. Tentu hal ini penting untuk perkembangan anak.

Monitoring

Setalah memiliki kegiatan dan program yang baik, sekolah juga perlu mengadakan monitoring dan evaluasi secara terencana terhadap kemajuan siswa maupun sekolah dengan berkelanjutan.

Hak dan kewajiban siswa dipahami

Sekolah harus menyeimbangkan antara hak dan kewajiban. Hal tersebut harus dipahami dan dilaksanakan oleh sekolah dengan penuh rasa tanggungjawab. Tentu kesimbangan ini akan memunculkan rasa percaya diri siswa untuk pengembangan dirinya.

Kolaborasi antara sekolah dengan orangtua

Sekolah perlu melibatkan orang tua anak untuk mewujudkan program-program positif yang sudah direncanakan. Orang tua memiliki peran untuk mendukung terwujudnya program mengenai pendidikan anak di rumah.

Nah, itulah beberapa kriteria sekolah yang baik menurut Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. yang bisa menjadi pertimbangan Anda memilih sekolah untuk buah hati. Jika Anda ingin mencari SD Islam favorit di Bintaro untuk anak Anda, Sekolah Islam TerpaduĀ  Auliya atau SDIT Auliya adalah solusi yang tepat. SDIT yang satu ini merupakan sekolah islam terbaik.

Sekolah ini memiliki kurikulum yang melibatkan orang tua. Program yang ditawarkan mulai dari program tuntas mapel sampai program utama karakter skill. Selain itu, kolaborasi dengan orangtua juga diwujudkan melalui collaboration day, sharing session, dan kegiatan lainnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SDIT Auliya, Anda bisa mengunjungi info.sekolahauliya.sch.id. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

Tinggalkan Balasan