6 Penyebab Darah Haid Sedikit, Jangan Sepelekan!

6 Penyebab Darah Haid Sedikit, jangan sepelekan!

Ketika ada perubahan saat siklus menstruasi, sebaiknya Anda tidak menganggapnya sepele, termasuk saat volume darah haid lebih sedikit dan berbeda dari biasanya. Penyebab darah haid sedikit sendiri cukup beragam. Tentu, meski darah sedikit Anda tetap harus berjaga-jaga menggunakan pembalut yang nyaman.

Anda juga bisa menggunakan pantyliner yang lebih kecil dan tipis karena tidak ada aliran deras yang umumnya terjadi di awal menstruasi. Sehingga miss V tetap kering dan tidak terasa lembab. Namun, Anda tetap harus mencari tahu apa penyebab haid sedikit lebih dulu karena bisa saja ini memiliki risiko untuk kesehatan. Yuk, simak!

Penyebab Darah Haid Sedikit

Fenomena keluarnya volume darah haid yang sedikit juga disebut dengan hypomenorrhea. Biasanya, ini terjadi karena terdapat masalah pada hormon. Namun, ada beberapa penyebab spesifik lain yang dapat menjadi alasannyai, berikut ulasannya!

1. Merasa Tertekan atau Stress

Berdasarkan Journal National Library of Medicine, salah satu penyebab hypomenorrhea adalah stres. Ketika merasa tertekan atau stres karena suatu hal, produksi hormon kortisol akan meningkat, sehingga akan menghambat kerja hormon lain yang ada dalam tubuh, termasuk estrogen.

Hormon estrogen sendiri merupakan hormon yang mengatur masalah reproduksi, termasuk menstruasi. Jika hormon estrogen dalam tubuh menurun, siklus menstruasi dan volume darah pun tidak bisa normal. Bahkan, Anda kemungkinan tidak dapat mengalami menstruasi.

2. Menyusui

Ibu yang memiliki bayi dan menyusui juga dapat membuat ovulasi (pelepasan sel telur) menjadi tidak sempurna. Ini karena terdapat hormon sintesis laktosa dan prolactin alfa-laktalbumin. Sehingga volume darah haid menjadi lebih sedikit, namun siklus menstruasi dapat normal kembali setelah masa menyusui selesai.

3. Adanya Gangguan Kelenjar Tiroid

Penyebab darah haid sedikit lainnya adalah ketika seorang wanita mengalami hipertiroid (meningkatnya kadar hormon tiroid dalam darah). Ini terjadi karena hormon tiroid berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh.

4. Faktor Usia

Secara umum, volume darah menstruasi sedikit dialami oleh remaja yang baru pubertas dan wanita yang akan menopause. Ini cukup normal terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang berperan pada siklus menstruasi.

5. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Pil, implant, dan suntik KB juga dapat menjadi penyebab darah haid sedikit atau periode menstruasi menjadi singkat. Sebab, alat kontrasepsi tersebut menyebabkan penipisan pada lapisan rahim, sehingga dapat menunda kehamilan yang dimulai dengan pelepasan sel telur.

6. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

PCOS adalah salah satu penyebab wanita sulit hamil. Keadaan ini terjadi ketika ovarium ditumbuhi dengan kista-kista kecil. Keadaan ini dapat menyebabkan hormon tidak seimbang dan dapat menghentikan terjadinya ovulasi, sehingga periode menstruasi menjadi lebih pendek dan volumenya sedikit.

Sudah Tahu Penyebab Darah Haid Sedikit?

Jika sudah tahu penyebab hypomenorrhea, maka bagaimana cara membuat volume haid kembali normal? Pada beberapa kasus seperti menopause dan menyusui, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sedangkan untuk penyebab lainnya, Anda bisa atasi dengan rutin olahraga, makan makanan tinggi serat, dan hindari stres.

Nah, jika ingin mencegah ketidaknyamanan saat haid, Anda bisa gunakan pembalut Laurier Super Slimguard. Sebab, lapisan yang tipis yang dapat menyerap cairan lebih cepat. Anda pun bisa gunakan pantyliner untuk menjaga kebersihan seharian. Baik sedang deras atau tidak, Laurier akan jadi solusi kenyamanan Anda!

Recommended For You

Tinggalkan Balasan