SPF Sunscreen
Info Menarik Kesehatan

Kenali Kandungan SPF Pada Sunscreen

GaleriPos – Salah satu perawatan kulit wajah yang tidak boleh terlewatkan adalah sunscreen. Apalagi, jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Mengaplikasikan sunscreen pada wajah adalah hal yang wajib. Sunscreen berguna untuk melindungi kulit Anda dari paparan radiasi ultraviolet.

Apakah Anda sering memperhatikan kandungan SPF pada sunscreen? SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Kandungan ini bekerja seperti barrier yang melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Tingkatan SPF berbeda-beda. Salah satunya adalah sunscreen lokal spf50 terbaik untuk digunakan oleh orang yang sering beraktifitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

Efek dari paparan sinar ultraviolet dapat dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dampak jangka pendeknya yaitu kulit menjadi kusam dan terbakar matahari. Sementara, dampak jangka panjangnya yaitu kerutan pada kulit, munculnya bercak kecoklatan atau flek hitam, penuaan kulit, bahkan dapat berisiko terkena kanker kulit. SPF pada sunscreen ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit Anda, di antaranya:

Sebagai nutrisi kulit

Dengan bantuan SPF yang terkandung pada sunscreen, penyerapan nutrisi pada kulit menjadi lebih baik. Vitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan kulit juga akan ikut terserap dengan baik.

SPF Sunscreen Menjaga kelembaban kulit

Kulit kering memang sangat mengganggu penampilan. Saat Anda terpapar sinar ultraviolet, kulit akan menjadi kering dan kusam. Namun, dengan adanya SPF kelembaban kulit akan terus terjaga.

Kesehatan kulit terjaga

SPF mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Semakin sering Anda mengaplikasikan sunscreen, akan semakin sehat kulit Anda. Tidak hanya itu, kulit akan menjadi lebih bersih dan terlihat lebih cerah.

SPF Sunscreen Menghindari radiasi sinar ultraviolet

Tingkatan SPF berbeda-beda, SPF 50 menandakan bahwa sunscreen mampu melindungi kulit Anda dari sinar matahari selama 500 menit atau 8 jam. Terutama pada waktu matahari sedang terik-teriknya, yaitu pukul 11.00 – 14.00.

Sinar ultraviolet yang dihasilkan dari sinar matahari dapat merusak pembentukan kolagen yang baru pada kulit. Terdapat beberapa jenis sinar ultraviolet, yaitu ultraviolet A (UVA) dengan gelombang panjang, ultraviolet B (UVB) dengan gelombang pendek, dan ultraviolet C (UVC) dengan gelombang yang sangat pendek. Tingkatan radiasi ditentukan oleh panjang atau pendeknya gelombang. Semakin pendek gelombang, semakin besar radiasi yang dapat merusak kulit. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan UVC. Sebab, berkat lapisan ozon yang melindungi bumi, UVC tidak dapat menembus bumi. Sehingga, hanya UVA dan UVB yang masuk.

UVA menyebabkan penuaan pada kulit dan noda hitam karena UVA mampu menembus lapisan kulit. Sedangkan, dampak dari UVB pada kulit adalah timbul kemerahan, rasa terbakar, perih, dan membuat kulit terlihat lebih gelap. Dengan adanya kandungan SPF pada sunscreen, Anda tidak perlu mengkhawatirkan radiasi ultraviolet tersebut. Semakin tinggi kandungan SPF, semakin baik pula untuk kulit Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Referensi:

  • https://www.idntimes.com/life/women/erventina-elisabeth-1/manfaat-spf-dan-cara-pakainya-c1c2/6
  • https://www.alodokter.com/mengenal-lebih-jauh-spf-dalam-tabir-surya-beserta-manfaatnya
  • https://www.sehatq.com/artikel/sebenarnya-apa-itu-spf-pada-sunscreen-dan-sunblock

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *