4 Fasilitas Pendidikan yang Wajib Ada di Lingkungan Sekolah

fasilitas pendidikan yang wajib ada di sekolah

Memenuhi kebutuhan pendidikan anak merupakan salah satu kewajiban setiap orang tua. Untuk itu diperlukan kecermatan dalam memilih institusi sekolah yang dapat mendukung perkembangan si buah hati. Terutama bagi Anda yang tinggal di Ibukota, banyaknya jenis sekolah baik negeri maupun swasta seperti Jakarta International School dapat dijadikan pilihan. Meski tidak mudah, namun tetap diperlukan riset dan survey yang menyeluruh, terutama berkaitan dengan kurikulum, lingkungan sekolah dan juga fasilitasnya.

Namun tahukah Anda, jika terdapat beberapa fasilitas penting yang wajib ada di semua sekolah baik sekolah negeri maupun swasta. Hal ini tentu saja bertujuan untuk memaksimalkan potensi semua pelajar sekaligus memenuhi kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi institusi pendidikan di Indonesia. Keseluruhan fasilitas tersebut juga diatur standarnya oleh negara sehingga seharusnya setiap sekolah baik negeri maupun swasta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap sesuai dengan aturan. Diantara beberapa fasilitas tersebut, yuk kenali 4 fasilitas yang setidaknya wajib ada di dalam sebuah sekolah atau lingkungan sekolah sekaligus menjadi favorit banyak pelajar, apa saja? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut.

  • Perpustakaan

Perpustakaan menjadi salah satu fasilitas yang wajib ada di sebuah lingkungan sekolah. Banyak aktivitas membangun yang bisa dilakukan di dalamnya. Selain memudahkan akses untuk tiap siswa dalam membaca dan meminjam buku, perpustakaan juga dapat dijadikan sebagai ruangan terbuka untuk saling berdiskusi dan mengerjakan tugas. Sebuah perpustakaan haruslah memiliki koleksi bacaan yang lengkap sesuai dengan jenjang pendidikan. Meski begitu, sayangnya tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang satu ini, walaupun ada biasanya ruang perpustakaan jarang dibuka ataupun ditinggalkan dalam kondisi berdebu.

  • Laboratorium IPA

Selain perpustakaan, fasilitas lain yang sebetulnya wajib ada di tiap lingkungan sekolah terutama jenjang pendidikan menengah dan atas adalah laboratorium IPA. Fasilitas ini menjadi sarana bagi tiap siswanya untuk menjelajahi ilmu alam dengan lebih baik dan luas. Sayangnya tidak semua laboratorium IPA di tiap sekolah memiliki alat penelitian dan pengamatan yang lengkap.

  • Tempat beribadah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fasilitas yang ada di lingkungan sekolah tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan potensi siswanya, melainkan untuk memenuhi kebutuhan dasar dari setiap individu yang berada di dalam lingkungan sekolah. Salah satu contohnya adalah tempat beribadah yang dikhususkan tidak hanya untuk sebagian golongan saja namun semua agama. Selain fasilitasnya, guru atau pendamping rohani juga perlu disediakan oleh lingkungan sekolah guna membimbing siswa dalam beribadah.

  • Ruang UKS

Pendidikan dasar terkait dengan kesehatan wajib disediakan oleh tiap sekolah. Umumnya langkah ini dimulai dengan disediakannya ruang khusus, yang disebut dengan ruang Unit Kesehatan Siswa (UKS). Selain untuk merawat sementara para siswa yang sedang sakit, ruang UKS bisa dijadikan tempat di mana siswa dapat mempelajari ilmu kesehatan melalui program dokter kecil, ekstrakurikuler PMR maupun mempelajari dasar-dasar dalam melakukan Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) yang sering kali dibutuhkan kala mendesak.

Itu dia beberapa fasilitas yang wajib dipenuhi setiap sekolah untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang siswa. Anda dapat menemukan fasilitas sekolah yang dibutuhkan tersebut lengkap di BSJ International School, yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan. Cari tahu lebih lanjut untuk mendapatkan informasinya!

 

References:

https://kumparan.com/kumparanmom/fasilitas-yang-wajib-disediakan-sd-negeri-1551172826182813509/3

5+ Contoh Fasilitas Pendidikan yang Mesti Ada di Lingkungan Sekolah

Recommended For You

Tinggalkan Balasan