Inilah Perbedaan Plak dan Karang Gigi Beserta Cara Mengatasinya

perbedaan plak dan karang gigi

Anda wajib mengetahui bahwa plak dan karang gigi adalah kedua hal yang berbeda. Seperti diketahui sampai saat ini banyak orang yang masih menganggap kedua hal ini antara plak dan karang gigi adalah kondisi yang sama padahal tentu saja berbeda.

Baik plak dan karang gigi merupakan masalah kesehatan pada bagian gigi dan mulut. Untuk mengatasi keduanya Anda wajib tahu terlebih dahulu apa saja perbedaan plak dan karang gigi berikut.

Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Perlu Diketahui

Plak

Plak merupakan lapisan lembut yang tidak lengket dan juga tidak berwarna yang muncul di gigi. Namun jika terus-menerus plak ini terbentuk pada permukaan gigi, maka bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada gigi dan mulut.

Adapun plak berasal dari sisa makanan yang menempel di Gigi setelah makan dan minum. Penumpukan plak dalam jumlah kecil selama beberapa jam tidak perlu dikhawatirkan. Tapi perlu dipahami bahwa penumpukan plak terjadi secara cepat dan bisa menghasilkan asam yang cukup mengkhawatirkan.

Karang Gigi

Sementara itu karang gigi adalah kondisi di mana plak yang tidak dibersihkan dengan benar. Meskipun sudah melakukan rutinitas kebersihan mulut dengan benar dan mengkonsumsi air mineral keduanya jika tidak dilakukan secara tepat maka bisa bergabung dan membentuk karang gigi.

Karang gigi sendiri teksturnya kasar dan mengendap serta menciptakan noda pada gigi. Warna karang gigi bisa kekuningan, coklat ataupun hitam. Biasanya karang gigi muncul pada sepanjang garis gusi dan leher gigi.

Cara Atasi Karang Gigi

Setelah mengetahui perbedaan plak dan karang gigi, maka wajib tahu cara mengatasinya. Seperti diketahui pembersihan gigi secara teratur juga bisa tetap memunculkan bintik-bintik plak yang akan membentuk karang gigi di sekitar garis gusi.

Untuk mengatasi karang gigi ini bisa dilakukan dengan pembersihan menggunakan peralatan lengkap salah satunya alat ultrasonic scaler. Adapun alat ini bekerja dengan menghasilkan vibrasi atau getaran berkecepatan tinggi pada ujungnya. Getaran ini yang akan memecahkan dan merontokan karang gigi pada bagian sulit yang dijangkau sekalipun.

Biasanya pada bagian ujung scaler akan menyemprotkan air untuk membilas karang gigi dan kotoran yang rontok. Alat scaler ini akan tetap menjaga gigi tetap dalam keadaan dingin agar getaran tidak menimbulkan panas yang menyebabkan trauma pada pulpa gigi.

Untuk yang sedang ingin menghilangkan plak dan karang gigi maka wajib ke Opal Dental yang merupakan klinik gigi terbaik. Adapun klinik gigi ini bekerja secara profesional dengan tim dokter terbaik dan juga alat-alat yang lengkap dan canggih.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan