Menarik! Tips Cerdas Menyimpan Makanan Sisa di Kulkas

wadah dari grinnliving

Setiap ibu-ibu rumah tangga pasti pernah mengalami situasi di mana memasak cukup banyak, namun tidak bisa habis dalam satu hari. Atau ketika sedang keluar, Anda lapar mata sehingga membeli banyak sekali makanan yang belum tentu bisa habis dalam satu kali makan.

Tak perlu terburu membuang makanan sisa tersebut. Anda bisa menyimpan sisa makanan di dalam kulkas dan mengonsumsinya di lain waktu. Eits! Menyimpannya juga tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan bagaimana cara menyimpan makanan sisa agar terhindar dari kuman dan tetap aman untuk dimakan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips cerdas menyimpan makanan sisa di dalam kulkas. Yuk langsung simak uraiannya di bawah ini!

Simpan Makanan Dua Jam Setelah Dimasak

Sebaiknya, Anda menyimpan makanan sisa paling lambat dua jam setelah dimasak. Sebab, bakteri dan kuman berpotensi mengontaminasi makanan yang sudah lebih dari dua jam berada dalam suhu ruangan.

Jika makanan sisa yang ingin Anda simpan sudah melewati waktu tersebut, panaskan terlebih dahulu hingga suhu 70 derajat celcius. Baru setelahnya Anda simpan di dalam kulkas.

Pilih Wadah Penyimpanan yang Tepat

Wadah kedap udara menjadi tempat penyimpanan makanan sisa yang aman, agar tidak ada kuman yang mengontaminasi makanan tersebut. Anda bisa menggunakan wadah dari grinnliving yang memiliki bermacam ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Namun, jika tidak ada wadah kedap udara, taruh makanan sisa di dalam piring atau mangkuk, kemudian tutup dengan plastic wrap.

Perhatikan Porsi yang Pas

Makanan sisa akan lebih tahan lama dan higienis apabila Anda mendinginkan secepatnya. Maka, hindari menyimpan sebagian besar makanan dalam satu wadah, karena memerlukan waktu yang lama untuk mendinginkannya.

Jika memang porsi makanannya banyak, bagi saja dalam 2 – 3 wadah yang berbeda. Ini dilakukan agar makanan jadi lebih cepat dingin.

Pisahkan Dengan Bahan Makanan Lain

Di kulkas Anda, pasti juga menyimpan berbagai bahan mentah untuk masakan. Nah, untuk mengurangi kontaminasi, pisahkan antara bahan mentah, masakan matang dan makanan sisa menggunakan rak penyimpanan yang berbeda.

Selain itu, dengan memisahkan makanan sisa dengan bahan makanan lain di rak yang berbeda, Anda jadi tidak bingung dan salah ambil makanan.

Beri Label

Jangan lupa juga untuk memberi label yang berisi jenis masakan dan kapan tanggal penyimpanannya. Pemberian label ini akan memudahkan Anda untuk menemukan masakan yang dicari dan mengonsumsinya dalam jangka waktu yang optimal.

Itulah beberapa tips menyimpan makanan sisa di dalam kulkas. Untuk menunjang itu semua, Anda bisa menggunakan wadah-wadah cantik dari grinn living.

Ada beberapa dwyn fridge organizer dengan beragam ukuran untuk menyesuaikan kebutuhan Anda dalam menyimpan bahan makanan atau makanan sisa. Informasi selengkapnya, silakan kunjungi grinnliving.com untuk mengetahui barang atau wadah cantik untuk memperindah penampilan dapur atau tiap sudut rumah Anda. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

Tinggalkan Balasan